Arti Lambang Kalimantan Barat Paling lengkap

Arti Lambang Kalimantan Barat – Setiap daerah pasti lah memiliki yang namanya Lambang atau Logo dari daerahnya. Lambang ini berfungsi untuk memudahkan suatu daerah dalam mengenalkan daerahnya. Lambang atau Logo dari suatu daerah biasanya memiliki arti mengenai tujuan dari daerahnya, budaya, maupun kehidupan-kehidupan mayoritas dari masyarakatnya.

Arti Lambang Kalimantan Barat ini sangat penting untuk diketahui terutama untuk masyarakat Kalbar, supaya bisa menimbulkan rasa cinta akan daerah. Sebelumnya saya sudah menulis mengenai arti dari lambang Kota Mempawah yang salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat (KalBar). 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “arti lambang dari Provinsi Kalimantan Barat”. Baiklah langsung saja, mari kita bahas mengenai lambang atau Logo dari Provinsi Kalimantan Barat (KalBar). 

Arti Lambang Provinsi Kalimantan Barat

Provinsi Kalimantan Barat merupakan provinsi terluas keempat yang ada di wilayah Negara Indonesia, Yang mana Provinsi ini memiliki luas wilayah yaitu 146.807 km² (7,53% luas Indonesia). Untuk itu, kita juga mesti tau arti lambang kalimantan barat (KalBar) agar bisa lebih mencintai daerah kita.

Arti Lambang Kalimantan Barat
Lambang Kalimantan Barat

Pada kesempatan kali ini saya akan mejelaskan arti dari lambang Kalimantan Barat berdasarkan bagian-bagian gambar yang ada di dalamnya, yaitu sebagai berikut :
  1. Pada dasarnya bentuk dari Lambang Daerah Kalimantan Barat ialah seperti suatu bidang yang bersudut lima, yang memiliki arti lima sila dari Pancasila. Hal ini bermaksud bahwa Kalimantan Barat adalah bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan pada sila-sila yang ada di Pancasila.
  2. Selanjutnya pada bagian samping dari lambang atau logo Kalimantan barat tersebut terdapat gambar padi dan kapas yang melambangkan cukup pangan dan cukup sandang di daerah Kalimantan Barat (KalBar).
  3. Selanjutnya, Untuk jumlah dari kapas yang berjumlah 17, nyala api yang berjumlah 8 dan padi yang berjumlah 45 melambangkan bahwa Provinsi Kalimantan Barat ini sebagai bagian dari wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945.
  4. Selanjutnya, pada bagian tengah dari lambang atau logo Kalimantan barat tersebut terdapat gambar perisai, mandau dan juga keris, hal ini menggambarkan pusaka dan kebudayaan dari putra-putra daerah Kalimantan Barat.
  5. Pada bagian tengah lambang juga terdapat gambar garis putih yang melintang, hal ini melukiskan dari garis Khatulistiwa atau garis 0 derajat yang melalui daerah di Kalimantan Barat (KalBar).
  6. Kemudian, terdapat gambar padi dan kapas yang diikat dengan pita yang bersudut empat. Hal ini memiliki arti dari Catur Karsa, yakni kesungguhan, kejujuran, kegotong royongan dan kekeluargaan. Dengan Catur Karsa ini dimaksudkan terlaksananya kesejahteraan masyarakat yang merata.
  7. Yang terakhir terdapat tulisan Akcaya pada bagian bawah lambangnya yang berarti tak kunjung binasa atau dengan keuletan pantang menyerah.

Arti Tulisan Akcaya

Lambang kalimantan Barat memiliki tulisan yaitu "Akcaya". Tulisan Akcaya dalam lambang kalimantan Barat (KalBar) bertuliskan di atas dasar putih dalam tiga lipatan. Hal ini memiliki arti tiga Kerangka Revolusi Nasional Indonesia, yakni :
  1. Membentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berwilayah dari Sabang sampai Merauke,
  2. Menuju masyarakat adil dan makmur materiil dan spirituil dan
  3. Mempererat hubungan dengan semua bangsa dan negara di seluruh dunia. 


Arti warna dari Lambang Kalimantan Barat

Selanjutnya saya juga akan membahas mengenai warna-warna yang saling kontras dalam mewarnai Lambang atau logo ini. Lambang Kalimantan Barat ini memiliki beberapa warna. 
Warna tersebut melambangkan sebagai berikut :
  1. Warna dasar dari Lambang Provinsi Kalimantan Barat adalah hijau muda. Hal ini menunjukkan kesuburan yang ada di daerah Tingkat I Kalimantan Barat.
  2. Warna perisai, mandau dan keris dari Lambang Provinsi Kalimantan Barat adalah putih, dimaksudkan bahwa pusaka-pusaka itu suci murni.


sumber : wikipedia

Terimakasih karena anda telah membaca tulisan kali ini tentang Arti Lambang Kalimantan Barat Terlengkap

1 komentar:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.