ARTI NOMOR PADA PLAT NOMOR KENDARAAN

ARTI NOMOR PADA PLAT NOMOR KENDARAAN – Kendaraan bermotor sudah bukan menjadi benda asing atau bahkan benda mewah di Negara Indonesia, karena motor sudah banyak dimiliki sebagian besar masyarakat di Negara ini. Tapi, masih banyak orang yang tidak mengetahui mengenai ARTI NOMOR PADA PLAT NOMOR KENDARAAN.

ARTI NOMOR PADA PLAT NOMOR MOTOR adalah hal yang cukup penting untuk diketahui, karena nomor dari “plat nomor” ini kita dapat mengetahui lokasi pembelian motor atau dari “plat nomor” juga memudahkan kita dalam menemukan motor atau kendaraan yang telah dicuri atau hilang.

Untuk itu pada tulisan kali ini, saya akan mengangkat judul tentang “ARTI NOMOR PADA PLAT NOMOR KENDARAAN”. Sehingga diharapkan tulisan ini dapat menambah informasi untuk teman-teman mengenai ARTI NOMOR PADA PLAT NOMOR MOTOR.

ARTI NOMOR POLISI PADA PLAT NOMOR MOTOR

Nomor yang tertulis di sebuah PLAT NOMOR suatu kendaraan, baik itu kendaraan beroda dua maupun beroda empat disebut dengan NOMOR POLISI. Nomor Polisi ini dibuat memiliki beberapa kode tertentu yaitu berupa kode angka dan juga berupa kode hurup. 

Kode angka dan kode hurup pada PLAT NOMOR KENDARAAN ini juga memiliki arti tersendiri. Nomor urut  atau kode angka pendaftaran ini dialokasikan sesuai kelompok jenis kendaraan. Sebagai contoh, untuk wilayah DKI Jakarta: 
   

Sebagai informasi bahwa jika nomor urut atau kode nomor pendaftaran yang telah dialokasikan tersebut telah habis digunakan karena semakin banyaknya kendaraan, untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kesamaan “NOMOR POLISI” di “Plat Nomor”

Maka nomor urut pendaftaran tersebut diberi tanda pengenal huruf seri, yaitu dari huruf A sampai dengan huruf Z di belakang nomor urut atau kode angka pendaftaran tersebut. 

Selanjutnya apabila huruf seri yang terdapat di belakang nomor urut atau kode angka ini telah sampai pada huruf Z, maka penomoran dapat menggunakan 2 huruf seri di belakang angka pendaftaran.

Nah, dikarenakan untuk DKI Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi memiliki jumlah kendaraan yang sangat banyak, maka khusus daerah tersebut kendaraan dapat menggunakan hingga 3 huruf seri di belakang angka pendaftaran atau NOMOR POLISI kendaraannya, sesuai kategori atau dengan permintaan khusus. 

Sebagai contoh: B 1111 XYZ

X = Umumnya mewakili tempat kendaraan tersebut terdaftar

Warna Plat Nomor Kendaraan Bermotor

Nah, selanjutnya saya akan berbagi mengenai WARNA PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR. Sehingga dapat membuat kita mengetahui alasannya PLAT NOMOR ini dibuat dengan warna yang berbeda.

ARTI WARNA PLAT NOMOR KENDARAAN BERMOTOR sebagai berikut :
  1. Kendaraan bermotor bukan umum dan kendaraan bermotor sewa: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih
  2. Kendaraan bermotor umum: Warna dasar kuning dengan tulisan berwarna hitam. Kendaraan bermotor milik Pemerintah: Warna dasar merah dengan tulisan berwarna putih
  3. Kendaraan bermotor Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna hitam
  4. Kendaraan bermotor Staff Operasional Corps Diplomatik Negara Asing: Warna dasar hitam dengan tulisan berwarna putih dan terdiri dari lima angka dan kode angka negara dicetak lebih kecil dengan format sub-bagian
  5. Kendaraan bermotor untuk transportasi dealer (pengiriman dari perakitan ke dealer, atau dealer ke dealer): Warna dasar Putih dengan tulisan berwarna merah. (Keterangan tambahan: plat putih untuk mobil baru dengan seri ujung XX berarti dibeli dengan harga lunas bukan kredit, Jika seri ujung YY berarti dibeli dengan kredit.)

ARTI PLAT NOMOR KENDARAAN ini semoga dapat membantu menambah pengetahuan kita. Mohon maaf jika dalam tulisan ini terdapat kesalahan atau kekurangan. Semoga kita dapat saling membantu dalam berbagi ilmu.

Terimakasih karena anda telah membaca tulisan kali ini tentang ARTI NOMOR PADA PLAT NOMOR KENDARAAN.

11 komentar:

  1. Saya beli motor kemarin bayar lunas, dapat nomer belakangnya YY, kenapa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beli lunas tapi belakang yy... Sama saya juga 🤣

      Hapus
    2. Saya kredit Motor Plat Dealernya akhiran XX kok... Hehehehee..
      Jadi itu bukan pedoman...

      Hapus
  2. Saya beli motor cash, tapi belakangnya YYX

    BalasHapus
  3. Gilo paja ko ma..jaleh yy lunas..xx dp rendah..bongaaaaakkkkk

    BalasHapus
  4. Lah kalian beli mobil ?? 😭

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.