Lirik lagu robo’-robo’ dari Mempawah

Lirik lagu robo’-robo’ dari Mempawah. Kali ini saya akan menulis tentang musik atau lagu tradisional. Lagu ini berasal dari Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Lagu ini adalah lagu robo’-robo’. Untuk itu langsung saja saya bagikan, semoga dapat membantu anda semua dalam mengetahui lirik lagu robo’-robo’ Khas Mempawah.

Lirik lagu robo’-robo’ dari Mempawah
acara robo'-robo'

LIRIK LAGU ROBO’-ROBO’

ROBO’-ROBO’
1 = C - Ketukan:4/4 - Cipt. Eddy Mawardi

Robo' - robo' itulah namenye
Pegi sebuket bawa ketupat
Sanak saudare handai dan tolan
Besame pegi ziarah
Harilah Selase bulan Sapar
Minggu terakhir di bulan itu
Pesan nek datok jangan nak menggile
Agar selamat kita semue
Beduk dikayoh lalue sungai
Bukit di daki beramae-ramae
Panjatkan doe puji dan sukor
Jaohkan sgale mala petake

ARTI LAGU ROBO’-ROBO’ (KHAS MEMPAWAH)

Lagu robo’-robo’ ini adalah lagu dari daerah Mempawah, Kalimantan Barat. Lagu ini memiliki arti tentang budaya dari masyarakat mempawah dalam melakukan kegiatan robo’–robo’. Mereka bersama dengan keluarga dan sekitarnya di awali dengan pergi berziarah. Kemudian, dalam lagu tersebut juga menceritakan tentang kegiatan mereka saat robo’-robo’, dengan mengayuh sampan dan memohon kepada yang maha kuasa agar dijauhi dengan suatu malapetaka atau celaka.

Sedangkan, robo-robo itu sendiri adalah suatu upacara tolak bala yang dilakukan oleh masyarakat Mempawah, Kalimantan Barat. Upacara ini di gelar pada minggu terakhir dibulan safar (salah satu nama bulan di Hijriah)

Kalau kalian tertarik juga dengan lirik lagu Galaherang mempawah, bisa klick di lirik lagu Galaherang mempawah

Terimakasih telah membaca tulisan kali ini tentang lagu daerah Mempawah, Kalimantan Barat. Lirik lagu robo’-robo’ dari Mempawah.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.