Arti Lambang Pancasila

Arti Lambang Pancasila – Setiap Negara pastilah memiliki yang namanya lambang Negara, hal ini bertujuan untuk dapat mempermudah dalam mengetahui ciri khas maupun tujuan dari Negara tersebut, karena biasanya lambang Negara dibuat berdasarkan kebiasaan mayoritas penduduknya atau gambaran dari tujuan negaranya.

Negara Indonesia juga memiliki lambang negaranya, yang tentunya juga memiliki arti yang menarik untuk kita ketahui.

Untuk itu, pada tulisan kali ini saya akan berbagi tulisan mengenai Arti Lambang Pancasila. Semoga tulisan kali ini dapat membantu teman-teman dalam mempelajarinya.

Sejarah Lambang Pancasila

Garuda Pancasila


Lambang Pancasila bergambar seekor burung yang gagah yaitu burung garuda. Burung garuda ini adalah seekor burung yang sudah dikenal dalam mitologi kuno di sejarah Nusantara (Indonesia), yaitu tunggangan dari Dewa Wisnu yang berwujud seperti burung elang rajawali. 

Alasan burung garuda digunakan sebagai Simbol Negara Indonesia adalah untuk menunjukkan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang kuat dan besar.

Berikut ini adalah Arti Logo Pancasila :
  • Warna keemasan di burung Garuda mengambarkan kejayaan dan keagungan.
  • Garuda memiliki sayap, paruh, cakar dan ekor yang melambangkan tenaga dan kekuatan pembangunan.
  • Jumlah bulu Garuda Pancasila mengambarkan hari atau Tanggal proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia, yaitu Jumlah bulu pada masing-masing sayap berjumlah 17, Jumlah bulu pada ekor berjumlah 8, Jumlah bulu di bawah perisai/pangkal ekor berjumlah 19, Jumlah bulu di leher berjumlah 45, sehingga kalau di gabungkan akan menjadi tanggal 17-08-1945.


Arti dari Perisai

Lambang Pancasila memiliki gambar perisai yang berada pada bagian tengahnya seolah lambang tersebut sedang menempel di dada burung garuda, yang mana gambar perisai tersebut memiliki arti sebagai berikut :
  • Perisai merupakan suatu senjata yang digunakan dalam peperangan melawan musuh untuk pertahanan atau sebuah pelindung dalam peperangan tersebut.
  • Di bagian tengah dari perisai tersebut ada sebuah garis hitam tebal yang menggambarkan garis khatulistiwa. Hal tersebut mencerminkan lokasi / Letak Indonesia, yang mana Negara Indonesia adalah negara tropis yang dilintasi oleh garis khatulistiwa.
  • Pada perisai juga terdapat lima buah ruang yang menjadi tempat untuk gambar lainnya pada Lambang Pancasila, yaitu gambar bintang, rantai, pohon beringin, kepala banteng, dan padi kapas.


Arti lambang pancasila dari Sila-Silanya

Pancasila memiliki 5 sila yang di buat dengan lambang yang berbeda-beda. Berikut adalah arti Pancasila Dari Sila-Silanya.
Arti Lambang Pancasila

Makna sila dalam sila ke 1 Pancasila

Pada sila pertama yang berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa” dilambangkan dengan Perisai hitam dengan sebuah bintang emas berkepala lima, yang mana hal tersebut memiliki arti agama-agama besar di Indonesia, yaitu Islam, Buddha, Hindu, Kristen, dan juga ideologi sekuler sosialisme.

Makna sila dalam sila ke 2 Pancasila

Pada sila kedua yang berbunyi “Kemanusiaan yang Adil dan Beradab” dilambangkan dengan Rantai yang disusun atas gelang-gelang kecil, yang mana hal tersebut mwnggambarkan hubungan manusia satu sama lain yang saling membantu, gelang yang persegi menggambarkan pria sedangkan gelang yang lingkaran menggambarkan wanita.


Makna sila dalam sila ke 3 Pancasila

Pada sila ketiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia” digambarkan dengan pohon beringin (Ficus benjamina) di bagian kiri atas perisai berlatar putih, yang mana Pohon beringin ini merupakan sebuah pohon Indonesia yang berakar tunjang. Sebuah akar tunggal panjang yang menunjang pohon yang besar ini dengan tumbuh sangat dalam ke dalam tanah. 

Hal ini menggambarkan kesatuan dan persatuan Indonesia. Pohon Beringin juga mempunyai banyak akar yang menggelantung dari ranting-rantingnya. ini mencerminkan Indonesia sebagai negara kesatuan namun memiliki berbagai latar belakang budaya yang beraneka ragam.

Makna sila dalam sila ke 4 Pancasila

Pada sila keempat yang berbunyi “Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan”. yang dilambangkan dengan kepala banteng pada bagian kanan atas perisai berlatar merah. 

Banteng merupakan binatang sosial, sama halnya dengan manusia, menurut Bung Karno dimana pengambilan keputusan yang dilakukan secara musyawarah, kekeluargaan dan gotong royong merupakan nilai-nilai yang menjadi ciri bangsa Indonesia.

Makna sila dalam sila ke 5 Pancasila

Pada sila kelima yang berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” dilambangkan dengan padi dan kapas di bagian kanan bawah dari perisai yang berlatar putih. kapas dan padi tersebut mencerminkan pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok semua masyarakat Indonesia. 

Gambar ini juga mencerminkan persamaan sosial dimana tidak adanya perbedaan sosial anatara penduduk satu dan penduduk yang lainnya, tapi persamaan social ini bukan berarti bahwa Indonesia memakai ideologi komunisme.

Arti semboyan "Bhinneka Tunggal Ika"

Saya yakin kita semua sudah pasti mengetahui Arti semboyan "Bhinneka Tunggal Ika" yang memiliki arti “Walaupun berbeda-beda kita tetap satu”, namun tidak semua mengetahui berasal dari mana kalimat tersebut. Untuk itu, berikut penjelasannya :
  • "Bhinneka Tunggal Ika" tertulis pada sehelai pita putih yang di tulis dengan warna hitam, kemudian dicengkeram oleh Kedua cakar Garuda Pancasila.
  • “Bhinneka Tunggal Ika” merupakan kutipan dari Kakawin Sutasoma karya Mpu Tantular. Kata "bhinneka" memiliki arti “beraneka ragam” atau “berbeda-beda”, sedang kata "tunggal" berarti “satu”, dan kata "ika" bermakna itu. 
  • Jadi secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika dapat diartikan sebagai "Beraneka Satu Itu", yang bermakna “Meskipun berbeda beda tapi pada hakikatnya tetap satu kesatuan”. 
  • Semboyan ini digunakan untuk melambangkan kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam ras, budaya, bahasa daerah, agama, suku bangsa dan kepercayaan.

Makna Warna pada Garuda Pancasila

Lambang Pancasila ini memiliki beberapa warna yang mengisi dan mewarnai lambang tersebut sehingga semakin tampak kegagahan lambang tersebut. Warna-warna tersebut juga memiliki arti tersendiri. Arti warna Lambang Pancasila sebagai berikut :
  • Warna putih memiliki arti kesucian, kebenaran, dan kemurnian.
  • warna hitam memiliki makna keabadian.
  • Warna merah melambangkan keberanian.
  • Warna hijau artinya adalah kesuburan dan kemakmuran.
  • Warna kuning berarti kebesaran, kemegahan, dan keluhuran.

Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai Arti Lambang Pancasila, semoga dengan kita mengetahui artinya dapat membuat kita semakin mencintai negara Indonesia

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.