Cara Ilmuwan AS Dalam Melindungi Bayi Dari Efek Virus Zika Yang Merusak

Cara Ilmuwan AS Melindungi Bayi Dari Virus Zika – Baru-baru ini dunia kesehatan sedang digemparkan dengan adanya penyakit baru yang cukup meresahkan. Penyakit ini sudah menyebar hampir diseluruh dunia, bahkan dinegara kita (Indonesia) pun dikabarkan sudah terdapat orang (WNI) yang terserang.

Virus Zika adalah nama virus yang menjadi dalang penyebab dalam penyakit ini, yang mana Virus Zika adalah virus yang dibawa oleh nyamuk untuk menyerang otak manusia. Hal yang membuat resah masyarakat dan dunia kesehatan saat ini karena Virus Zika ini belum memiliki obat untuk menyembuhkannya.

Untuk itu, dalam tulisan kali ini saya akan sedikit menulis tentang Virus Zika dalam blog saya ini. Yang akan saya beri judul tentan Cara Ilmuwan AS Dalam Melindungi Bayi Dari Efek Virus Zika Yang Merusak.

Semoga dengan adanya tulisan tentang Cara Ilmuwan AS Dalam Melindungi Bayi Dari Efek Virus Zika Yang Merusak kita dapat semakin mengetahui dan berhati-hati dengan adanya Virus Zika ini.


Cara AS Melindungi Bayi Dari Efek Virus Zika

 Virus Zika

“Virus Zika” mungkin sudah banyak dari kita yang sudah sering mendengar namanya baik itu di televise, social media, atau bahkan dari cerita seseorang. Saya pun merasa sedikit khawatir akan adanya ”Virus Zika” ini. Karena dikabarkan “Virus Zika” ini belum ada obatnya.

Kemudian saat saya melakukan Browsing di Internet (Tepatnya di Blog teknologi.inilah.com), saya tanpa sengaja menemukan judul tentang “Virus Zika” yang menurut saya cukup menarik, yang mana tulisan tersebut berjudul “Sekelompok ilmuwan dari Yale University, AS, menemukan kunci mekanisme virus Zika yang berdampak pada otak manusia. Mereka menemukan terdapat dua perawatan antiviral yang diduga mampu melindungi bayi dari efek virus yang merusak”.

Nah, menurut saya tentu hal ini sangatlah menarik karena menurut informasi yang saya dengar sebelumnya “Virus Zika” ini belum memiliki obat peenyembuhnya, Namun di Negara AS ternyata sudah memiliki Kunci mekanisme dalam menangani atau melindungi otak manusia dari “Virus Zika” ini.

Menurut yang tertulis diblog itu, ternyata dengan adanya obat tersebut maka hal ini berpotensi untuk menghentikan perkembangan dari mikrosefali, kondisi dimana Zika menyebabkan otak bayi yang baru lahir tidak berkembang, dan menghasilkan bentuk kepala yang kecil pada bayi.

Sebenarnya Ilmuwan-ilmuwan dari Yale University itu tidak menyebut obat temuannya itu sebagai obat penyembuh dari Zika. Namun, temuan mereka tersebut sangat diharapkan akan mampu menghalangi mekanisme yang mereka temukan, dan memberikan dampak yang lebih baik bagi bayi untuk mendapatkan hidup yang lebih sehat.

Kemudian terdapat sedikit pernyataan dari salah satu ilmuwan tersebut tentang “virus Zika” ini yaitu:

"Ini adalah sebuah kebutuhan yang mendesak untuk menghalangi infeksi Zika, terutama pada ibu mengandung," ujar Marco Onorati, salah seorang peneliti, seperti dikutip oleh National Geographic dari Science Alert.

"Kami berharap temuan ini akan membawa kita pada terapi yang memungkinkan untuk meminimalisir kerusakan yang disebabkan virus," imbuhnya.

Untuk melanjutkan penelitiannya tersebut kemudian para ilmuwan melakukan investigasi bagaimana “Virus Zika” tersebut membawa mikrosefali, menguji foetus yang mati sehingga menghasilkan cacat saat kelahiran.

Mereka menemukan virus ini mampu dilawan dengan protein yang disebut TBK1, yang penting bagi kepentingan perkembangan sel pertumbuhan otak. Tanpa TBK1, sel akan mati dan tidak mampu berkembang secara normal.

Tim peneliti juga menemukan bahwa Zika menyerang sel neural stem secara langsung. Mereka menguji sejumlah beberapa pengobatan antiviral dan menemukan methyladenosine dan sofosbuvir yang cukup menjanjikan untuk menghentikan replikasi sel virus Zika.

Sofosbuvir sendiri telah diterima oleh AS melalui FDA. Hal tersebut menyebabkan obat ini tidak perlu menunggu melewati peraturan reguler sebelum diterima sebagai obat resmi untuk keperluan medis.

Referensi :

Nah, begitulah informasi yang saya dapat dari Blog teknologi.inilah.com mengenai “Virus Zika”. Semoga obat atau penelitian yang dilakukan mereka dapat semakin berkembang yang memungkinkan “Virus Zika” ini dapat disembuhkan.

Terimakasih karena anda telah membaca tulisan kali ini tentang Cara Ilmuwan AS Dalam Melindungi Bayi Dari Efek Virus Zika Yang Merusak

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.