ARTI LAMBANG KOTA PONTIANAK TERLENGKAP

ARTI LAMBANG KOTA PONTIANAK TERLENGKAP – Setiap daerah atau kota pasti memiliki yang namanya Lambang atau Logo dari daerahnya. Lambang atau Logo dari suatu daerah biasanya memiliki arti mengenai tujuan dari daerahnya, budaya, maupun kehidupan-kehidupan mayoritas dari masyarakatnya.

ARTI LAMBANG KOTA PONTIANAK ini dibuat dengan harapan kita bisa semakin mengenal kota kita, sehingga dapat membuat kita berkarya sesuai dengan tujuan dari LAMBANG atau LOGO KOTA PONTIANAK.

Sebelumnya saya sudah menulis mengenai arti dari lambang Kalimantan Barat. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “ARTI LAMBANG KOTA PONTIANAK”. Baiklah langsung saja, mari kita bahas mengenai LAMBANG atau LOGO KOTA PONTIANAK.

Arti Lambang Kota Pontianak

ARTI LAMBANG KOTA PONTIANAK TERLENGKAP
LAMBANG PONTIANAK

ARTI LAMBANG KOTA PONTIANAKPontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, Indonesia. Kota Pontianak memiliki beberapa julukan yaitu Kota Bersinar, Kota Khatulistiwa, dan Kota seribu sungai.

Arti lambang Kota Pontianak secara garis besar adalah Kota Pontianak merupakan kota yang didirikan pada tanggal 23 Oktober 1771 atas Ridho dari Tuhan Yang Maha Esa yang terletak dibawah Garis Khatulistiwa dan juga dibelah oleh di tiga buah sungai yang bertemu sehingga membentuk cabang tiga, Kota ini mayoritas penduduknya memiliki hasil kebun yaitu Karet dan Kelapa dengan sifat–sifatnya yang terpuji, menuju masyarakat adil dan makmur berlandaskan Pancasila sesuai dengan Falsafah Negara Republik Indonesia.

Nah, itu lah ARTI LAMBANG KOTA PONTIANAK secara garis besar. Namun, pada tulisan kali ini, saya juga akan membahas artinya satu persatu bagian dari "lambang" Kota Pontianak (PTK) tersebut. Sehingga, teman-teman dapat mengetahui secara spesifik atau detail mengenai lambang atau logo dari Kota Pontianak (PTK) ini.

Lambang Kota Pontianak memiliki bagian-bagian sebagai berikut :
  1. Lambangnya berbentuk seperti bulatan Kubah dari Masjid.
  2. Pada sisi sebelah kanan dari lambang tersebut adalah 23 lembar daun Karet, sedangkan pada sisi kiri dari lambangnya adalah 10 lembar daun Kelapa.
  3. Kemudian pada bagian tengah lambang terdapat 5 sinar yang bersinar dari bawah keatas dan bagian dasar sinar tersebut bertuliskan angka 1771.
  4. Kemudian, bagian tengah lambang juga terdapat gambar 3 cabang sungai, dan melintang garis Khatulistiwa diatasnya.
  5. Dan yang terakhir terdapat tulisan KOTA PONTIANAK membentang didasar pangkal daun Karet sampai kepangkal daun Kelapa.

Nah, sedangkan untuk maksud atau arti dari bagian Lambang Kota Pontianak tersebut sebagai berikut :
  1. Lambang berbentuk seperti kubah masjid memiliki arti bahwa KOTA PONTIANAK didirikan dengan di awali berdirinya sebuah Masjid sebagai lambang Keagungan Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Kemudian, arti dari bagian daun karet dan daun kelapa menggambarkan sebagian besar kekayaan dari kota Pontianak adalah pohon karet dan pohon kelapa.
  3. Untuk arti dari jumlah daunnya yaitu 23 lembar daun karet dan 10 lembar daun kelapa adalah hari jadi atau hari ulang tahun dari kota Pontianak yaitu tanggal 23 dan bulan 10 atau bulan oktober.
  4. Sedangkan, arti dari bagian sinar yang memiliki dasar bertuliskan 1771 adalah Kota Pontianak merupakan kota bersinar sebagai julukannya, yang dilalui garis Khatulistiwa dan Kota ini didirikan pada tahun 1771 oleh Sultan Syarif Abdurrahman
  5. Kemudian, arti dari gambar 3 cabang sungai, dan melintang garis ditengah menggambarkan Pontianak dilalui oleh sungai yang bercabang tiga, dan dilewati oleh garis 0 derajat atau garis Khatulistiwa.
  6. Dan yang terakhir Lambang tersebut bertuliskan KOTA PONTIANAK yang mengartikan Nama dari kota tersebut.

Selain itu juga, Lambang Kota Pontianak ini memiliki Enam warna yang saling kontras, warna itu memiliki arti sebagai berikut :
  1. Warna Kuning Emas dari Lambang Kota Pontianak melambangkan Keagungan
  2. Hijau Daun dari Lambang Kota Pontianak melambangkan Kesuburan
  3. Biru Muda dari Lambang Kota Pontianak melambangkan Keyakinan dan harapan
  4. Merah dari Lambang Kota Pontianak melambangkan Keberanian
  5. Putih dari Lambang Kota Pontianak melambangkan Kesucian

Refferensi :
1. Wikipedia/wiki/Pontianak
2. Situs Resmi Pemerintah Kota Pontianak

Arti Lambang Kota Pontianak Terlengkap ini semoga dapat menambah pengetahuan kita dan dapat membuat kita semakin mencintai Kota Pontianak.

Terimakasih karena telah membaca tulisan kali ini tentang Arti Lambang Kota Pontianak Terlengkap

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat, terima kasih

    BalasHapus
  2. Semoga jaya selalu untuk kota Pontianak,untuk demi membangun negeri semoga berkenan ibu Pertiwi dan rahmatnya tuhan yang maha esa selalu dilimpahkan

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.