Arti Kode Nomor KTP Terlengkap

Arti Kode Nomor KTP terlengkap – Banyak orang yang masih tidak tau mengenai arti dari nomor KTP miliknya. Padahal dengan mengetahui arti dari nomor KTP miliknya tersebut, maka ia dapat menghapal nomor KTP nya dengan mudah.

Saat ini orang telah beralih dari KTP manual menjadi ke e-KTP atau Electronic KTP. Di dalam e-KTP ini terdapat beberapa digit nomor yang menunjukkan nomor identitas atau NIK dari pemilik e-KTP tersebut. Nomor Induk Kependudukan (NIK) tersebut terdiri dari 16 digit angka. 

Angka-angka yang ada pada nomor e-KTP ini merupakan kombinasi dari kode wilayah tempat tinggal dan tanggal lahir dari pemilik e-KTP tersebut. Nah, dengan cara ini lah seseorang dapat dengan mudah untuk menghapal nomor e-KTP atau NIK miliknya. Sehingga, apabila anda harus mengisi suatu data yang melibatkan Nomor e-KTP atau NIK, anda tidak perlu membuka dan melihat e-KTP milik anda lagi.

Arti Kode Nomer KTP

Oke baik lah, Langsung saja akan saya jelaskan mengenai Arti Nomor dari e-KTP ini. Semoga dengan ini kita bisa saling membantu dalam hal-hal yang positif. Arti kode e-KTP sebagai berikut : 
  1. Kode Propinsi dari e-KTP : Dua digit pertama merupakan kode Propinsi.
  2. Kode Kabupaten/Kota dari e-KTP : dua digit selanjutnya merupakan kode kabupaten atau kota madya.
  3. Kode Kecamatan dari e-KTP : dua digit ketiga merupakan kode kecamatan. Untuk memastikan tidak terjadi kesalahan kode, anda bisa melihat daftar kode wilayah Propinsi, Kabupaten, dan Kecamatan DISINI 
  4. Kode tanggal lahir dari e-KTP : dua digit ke empat merupakan kode tanggal lahir. Untuk pria tanggal lahir di tulis dengan angka, misalnya lahir tanggal lima, maka akan di tulis 05 pada bagian tanggal lahirnya. Sedangkan untuk wanita berbeda, yaitu untuk tanggal lahir ditambah angka 40. Misalnya seorang wanita lahir tanggal lima, maka akan ditulis dengan 45 pada bagian tanggal lahirnya.
  5. Kode bulan lahir dari e-KTP  : Berjumlah dua digit, ditulis dengan angka.
  6. Kode tahun lahir dari e-KTP : Berjumlah dua digit, tahunnya ini ditulis hanya dua digit terakhir dari tahun lahir.
  7. Kode Nomor komputerisasi dari e-KTP : Untuk bagian ini, nomornya dibuat secara random oleh komputer agar tidak sama dengan lainnya.

Arti nomor KTP
Arti nomor KTP

Misalnya seorang anak lelaki lahir di Provinsi Kalimantan Barat, Kabupaten Mempawah, Kecamatan Sungai Pinyuh, Tanggal lahirnya 05 Mei 2012 maka NIK-nya adalah : 610207 050512 0001 sedangkan bila anak perempuan dengan lokasi yang sama, lahir pada Tanggal 05 Mei 2012, Maka NIK-nya adalah : 610207 450512 0001. Angka 45 ini merupakan hasil penjumlahan dari tanggal lahir si wanita yang ditambah 40 (sesuai dengan rumus tanggal lahir yang di jelaskan sebelumnya)

Sekedar informasi bahwa NIK pada e-KTP ini biasanya dicantumkan dalam setiap Dokumen Kependudukan dan dijadikan dasar penerbitan paspor, surat izin mengemudi, nomor pokok wajib pajak, polis asuransi, sertifikat hak atas tanah, dan penerbitan dokumen identitas lainnya. Nah, dengan kita mengetahui “Arti dari kode KTP”. Maka dapat memudahkan kita dalam mengisi dokumen-dokumen tersebut.

Terimakasih karena anda telah membaca tulisan kali ini tentang “Arti Kode Nomor KTP terlengkap

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.